Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten milik Tommy Soeharto yang bergerak di bidang distribusi dan infrastruktur energi serta ekosistem kepelabuhan, PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) menambah satu unit armada kapal tanker.

Direktur HUMI Tirta Hidayat mengatakan, pengadaan 1 kapal tanker merupakan realisasi rencana pengembangan usaha PT PCS Internasional (PCSI), salah satu anak usaha HUMI yang telah dicanangkan untuk tahun 2024.

“Kapal oil/chemical tanker bernama MT Mutiara Global, yang dibangun pada tahun 2002 dengan DWT sebesar 7,971.56 ton, untuk memenuhi kebutuhan kapal Small I/ – White Oil yang semakin meningkat, ” ungkap Tirta dalam keterangan resminya, Kamis (30/5).

Sebelumnya, kebutuhan kapal Small /I – White Oil dipenuhi dengan penyewaan MT Griya Ternate yang dilengkapi dengan tangki stainless. Melalui MT Mutiara Global, PCSI dapat mengoptimalkan penggunaan MT Griya Ternate untuk keperluan transportasi produk petrochemical seperti caustic soda, methanol, dan lain-lain.

Perseroan berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memaksimalkan potensi bisnis di sektor petrochemical.

“Bisnis angkutan minyak dan kimia mash menjadi salah satu kontributor utama pendapatan Perusahaan pada tahun lalu, yaitu masing-masing sebesar US$20.578.214 dan
US$14.429.389,” paparnya.

Tirta menambahkan, kenaikan pendapatan pada sektor angkutan minyak dan kimia didukung oleh perolehan kontrak baru, penambahan kapal dan optimalisasi utilisasi kapal yang lebih baik dibandingkan pada tahun 2022.

Melalui anak usaha HUMI lainnya, pada awal bulan Mei 2024, PT Humpuss Transportasi Curah (HTC) juga telah menambah dua kapal tug boat ke dalam armada mereka. Langkah strategis ini tidak hanya memperkuat kapasitas operasional perusahaan, tetapi juga menunjukkan komitmen HUMI dalam mengembangkan dan memperkuat infrastruktur transportasi laut di Indonesia.

Kapal tug boat yang akan memiliki fungsi sebagai tug assists memiliki peran yang sangat vital dalam hal penarikan dan pendorongan kapal-kapal besar di pelabuhan.

Tug boat membantu dalam navigasi kapal besar yang memiliki keterbatasan manuver, terutama di area yang sempit atau sibuk seperti pelabuhan. Dengan adanya tug boat, risiko kecelakaan kapal dapat diminimalisir dan proses sandar-menyandar menjadi lebih aman dan cepat.

“Diharapkan dengan penambahan kapal ini selain memperkuat posisi HTC sebagai salah satu pemain utama dalam sektor ini, juga akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan pendapatan HUMI,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


BEI Pantau Ketat 4 Emiten, Ada Milik Tommy Soeharto


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *