Jakarta, CNBC Indonesia РPasar kripto mengalami kenaikan hari ini, Selasa (28/5/2024) setelah dana yang diperdagangkan di bursa Amerika Serikat (ETF) Ethereum telah disetujui oleh Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC).

Merujuk dari CoinMarketCap pada Selasa (28/5/2024) pukul 06:38 WIB, pasar kripto kompak menguat. Bitcoin naik 1,3% ke US$69.285,44 meskipun secara mingguan berada di zona negatif 3,05%.

Ethereum berada di zona hijau 1,64% serta dalam 24 jam terakhir kendati dalam sepekan naik 5,7% Dogecoin mengalami apresiasi 1,58% secara harian dan secara mingguan menguat 2,66%.

Begitu pula dengan Toncoin yang berada di teritori positif 1,28% dalam 24 jam terakhir meskipun dalam tujuh hari terakhir turun 2,44%.



CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital naik 1,62% ke angka 2.823,7 Open interest terapresiasi 3,43% di angka US$71,34 miliar.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 64 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase netral dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Dikutip dari coingape, riset Kaiko mengumumkan bahwa persetujuan ETF spot Ethereum oleh badan pengawas menandakan masa depan yang bullish untuk aset digital, meskipun ada beberapa tantangan pasar yang mendesak.

Perusahaan menekankan bahwa perkembangan ini menghilangkan banyak ketidakpastian peraturan seputar klasifikasi Ethereum, sehingga mendorong pertumbuhan jangka panjangnya.

Kepala Indeks di Kaiko, Will Cai mengungkapkan bahwa persetujuan SEC ini merupakan indikasi jelas bahwa Ethereum diperlakukan sebagai komoditas dan bukan sebagai sekuritas.

Persepsi ini sangat penting karena kemungkinan besar akan menjadi preseden terhadap perlakuan terhadap token digital serupa di pasar AS.

Selain itu, Cai menekankan bahwa meskipun persetujuan tersebut merupakan sebuah langkah maju yang signifikan, proses regulasi secara keseluruhan memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Untuk diketahui, SEC telah menyetujui pengajuan 19b-4 ETF tetapi masih perlu menyetujui S-1.

ETF Ethereum dapat diluncurkan dalam beberapa minggu atau bulan, menandai momen penting dalam jalur investasi mata uang kripto.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Bitcoin Ambruk Sentuh US$39.000-an, Kripto Kebakaran Berjamaah


(rev/rev)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *