Jakarta, CNBC Indonesia – Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada hari Kamis, (23/4/2024) menyetujui permohonan dari Nasdaq, CBOE dan NYSE untuk mendaftarkan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) untuk Koin Kripto Ethereum. Produk tersebut berpotensi mulai diperdagangkan akhir tahun ini.

Meskipun penerbit ETF juga harus mendapatkan lampu hijau sebelum produknya dapat diluncurkan, persetujuan pada hari Kamis merupakan kejutan besar bagi perusahaan-perusahaan tersebut dan industri mata uang kripto, yang hingga hari Senin memperkirakan SEC akan menolak pengajuan tersebut.

Sembilan emiten termasuk VanEck, ARK Investments/21Shares dan BlackRock berharap untuk meluncurkan ETF yang terkait dengan mata uang kripto terbesar kedua itu setelah SEC pada bulan Januari menyetujui ETF bitcoin di momen penting bagi industri ini.

“Ini adalah momen yang menarik bagi industri secara keseluruhan,” kata Andrew Jacobson, wakil presiden dan kepala hukum di 21Shares, dikutip dari Reuters.

Kamis adalah batas waktu bagi SEC untuk memutuskan pengajuan VanEck. Pelaku pasar bersiap untuk menerima penolakan ini karena SEC tidak terlibat dengan mereka dalam aplikasi tersebut.

Namun dalam sebuah langkah yang mengejutkan, pejabat SEC pada hari Senin meminta bursa untuk segera menyempurnakan pengajuan, sehingga membuat industri berebut menyelesaikan pekerjaan berminggu-minggu hanya dalam beberapa hari, kata sumber.

Reuters tidak dapat memastikan mengapa SEC tampaknya berubah pikiran.

“Pengenalan ETF bitcoin spot telah menunjukkan manfaat yang signifikan bagi aset digital dan ruang ETF, dan kami percaya bahwa ETF spot ethereum juga akan memberikan perlindungan bagi investor AS,” kata Rob Marrocco, kepala global pencatatan ETP di Cboe Global Markets.

Ketika ditanya tentang ETF ethereum oleh wartawan di sebuah acara industri sebelumnya pada hari Kamis, Ketua SEC Gary Gensler – seorang yang skeptis terhadap kripto – menolak berkomentar. Juru bicara SEC mengatakan dalam email yang mengumumkan persetujuan bahwa agensi tersebut tidak akan berkomentar lebih lanjut

Permohonan bursa telah meminta persetujuan SEC untuk perubahan aturan yang diperlukan untuk mendaftarkan produk baru, namun emiten masih memerlukan SEC untuk menyetujui pernyataan pendaftaran ETF yang merinci pengungkapan investor sebelum mereka dapat memulai perdagangan.

Berbeda dengan pengajuan bursa, tidak ada kerangka waktu tertentu di mana SEC harus memutuskan pernyataan tersebut. Pelaku industri mengatakan tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Dua sumber yang mengetahui proses tersebut mengatakan banyak emiten yang siap untuk meluncurkannya, namun divisi keuangan perusahaan SEC telah mengindikasikan kemungkinan akan meminta perubahan dan pembaruan dalam beberapa hari dan minggu mendatang.

SEC menolak ETF bitcoin spot selama lebih dari satu dekade karena kekhawatiran manipulasi pasar tetapi terpaksa menyetujuinya setelah Grayscale Investments memenangkan gugatan pengadilan tahun lalu.

Sui Chung, CEO CF Benchmarks, penyedia indeks untuk beberapa ETF bitcoin dan eter, mengatakan Ethereum lebih kompleks daripada bitcoin dan mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan bagi SEC untuk meninjau pernyataan tersebut. Namun karena ETF bitcoin menawarkan pola yang mapan, “hanya ada banyak hal yang berjalan lambat” yang dapat dilakukan SEC, katanya.

Berbagai investor, termasuk hedge fund, penasihat kekayaan, dan investor ritel, telah menggelontorkan lebih dari $30 miliar ke dalam ETF kripto.

Keputusan hari Kamis ini merupakan pendorong lain bagi upaya industri mata uang kripto untuk memasuki arus utama sistem keuangan. Minggu ini regulator Inggris juga menyetujui produk mata uang kripto yang terdaftar.

Seiring dengan itu, Dewan Perwakilan Rakyat AS meloloskan rancangan undang-undang penting yang berupaya memberikan kejelasan peraturan untuk mata uang kripto. Meskipun RUU tersebut masih harus disetujui Senat, inimenandai dukungan besar bagi industri ini.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kripto Kompak Kebakaran, Bitcoin Bakal Anjlok US$32.000?


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *