Jakarta, CNBC Indonesia – Mayoritas saham emiten minyak bumi terpantau berterbangan pada perdagangan sesi I Senin (20/5/2024), di tengah melonjaknya harga minyak mentah dunia setelah adanya kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi.

Per pukul 11:40 WIB, tujuh saham pertambangan minyak dan pendukungnya terpantau terbang lebih dari 1% hingga 2%. Bahkan, ada yang sudah melejit hingga 7% lebih.

Saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menjadi yang paling kencang penguatannya pada sesi I hari ini, yakni melejit 7,3% ke posisi Rp 1.470/saham.

Sedangkan saham PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) menjadi yang paling minor penguatannya di sesi I hari ini yakni melesat 1,27% menjadi Rp 1.600/saham.

Berikut pergerakan saham emiten minyak bumi pada perdagangan sesi I hari ini.











Saham Kode Saham Harga Terakhir Perubahan
Medco Energi Internasional MEDC 1470 7,30%
Apexindo Pratama Duta APEX 157 6,08%
ESSA Industries Indonesia ESSA 860 5,52%
Buana Lintas Lautan BULL 137 4,58%
Energi Mega Persada ENRG 198 2,59%
Astrindo Nusantara Infrastruktur BIPI 81 2,53%
AKR Corporindo AKRA 1600 1,27%

Sumber: RTI

Saham minyak terpantau melesat di tengah melonjaknya harga minyak mentah dunia setelah adanya kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi.

Menurut Refinitiv pada hari ini pukul 09.38 WIB, harga acuan minyak mentah Brent menguat 0,3% menjadi US$ 84,24 per barel. Sementara minyak West Texas Intermediate (WTI) atau jenis light sweet naik 0,2% menjadi US$ 80,21 per barel.

Sebelumnya pada Minggu kemarin, sebuah helikopter yang membawa Presiden Iranjatuh pada Minggu (19/5/2024). Kabar terbaru, Presiden Raisi dikonfirmasi tewas dalam kecelakaan helikopternya. Ini dilaporkan sejumlah media Iran, Mehr, Tasnim dan Press TV pada pagi hari ini waktu Indonesia.

“Presiden Republik Islam Iran, Ayatollah Ebrahim Raisi, mengalami kecelakaan saat bertugas dan menjalankan tugasnya untuk rakyat Iran dan menjadi syahid,” kata kantor berita Iran itu dikutip dariAFP.

“Presiden Raisi, menteri luar negeri dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu,” kata pejabat yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah, kepadaReuters.

Sebelumnya, Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pir-Hossein Kolivand, mengatakan Senin pagi bahwa tidak ada tanda-tanda kehidupan orang-orang yang berada di dalam helikopter tersebut.Dalam update kantor berita Fars lokasi itu berada di 100 kilometer kota Tabriz, dekat sebuah desa bernama Tavil.

Kecelakaan terjadi Minggu sore waktu setempat. Helikopter yang ditumpangi Raisi jatuh di pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan dan Iran.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Prabowo Bagi Pengalaman Main Pasar Modal-Jawab Kritik Food Estate


(chd/chd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *