Jakarta, CNBC Indonesia – Sejak kali pertama dikenalkan pada 2014, konsep Keuangan Berkelanjutan (sustainable financing) menjadi salah satu fokus industri keuangan di Tanah Air. Untuk memuluskan penerapannya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merilis Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap I (2014-2019) dan Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap II (2021-2025).

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 memaparkan Keuangan Berkelanjutan sebagai sebuah ekosistem dengan dukungan menyeluruh berupa kebijakan regulasi, norma, standar, produk, transaksi, dan jasa keuangan yang menyelaraskan kepentingan ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial dalam pembiayaan kegiatan berkelanjutan dan pembiayaan transisi menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dalam menerapkan Keuangan Berkelanjutan, saat ini Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, di antaranya adalah meyakinkan pelaku usaha dan Masyarakat bahwa upaya untuk menghasilkan keuntungan akan lebih baik dan langgeng jika dilakukan dengan mempertimbangkan sumber daya alam dan dampak sosial kepada Masyarakat. Hal ini dikenal sebagai prinsip profit, people, planet (3P).

OJK telah memulai upaya untuk menjawab tantangan tersebut dengan mendorong penerapan Prinsip Keuangan Berkelanjutan seperti diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

Sehingga diharapkan Keuangan Berkelanjutan yang didefinisikan sebagai dukungan menyeluruh dari industri jasa keuangan untuk pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup dapat terpenuhi.

Untuk itu, PT Bank J Trust Indonesia Tbk (BCIC) atau J Trust Bank meluncurkan program simpanan bertajuk “TORA Green Savings”. Program ini diinisiasi sebagai usaha kolaboratif untuk merespon isu perubahan iklim dan pelestarian lingkungan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memaknai Hari Bumi Internasional yang diperingati setiap tanggal 22 April.

TORA Green Savings merupakan program simpanan J Trust Bank pertama yang diciptakan sebagai bagian dari implementasi aspek keberlanjutan perusahaan. Melalui TORA Green Savings, J Trust Bank memfasilitasi Nasabah yang memiliki perhatian dan ingin berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan menyisihkan 0,5% dari bunga tabungan untuk penanaman Mangrove. Di mana setiap Rp 25,000 dari dana yang terkumpul secara kolektif akan ditanam satu pohon Mangrove di area penanaman CarbonEthics di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Sebagai informasi CarbonEthics merupakan organisasi yang bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan iklim melalui solusi berbasis alam, dan salah satu pelopor konservasi karbon biru di Indonesia.

Tidak hanya berdampak pada lingkungan, program simpanan TORA Green Savings juga memberikan bunga tabungan yang menarik sebesar 3,5% serta bebas biaya administrasi per bulan. Nasabah TORA Green Savings juga dapat dengan mudah dan aman mengakses informasi rekening dan betransaksi kapan pun dan di mana pun melalui layanan perbankan berbasis teknologi yaitu JTrust Net, JTrust Mobile, dan ATM J Trust Bank.

Direktur Bisnis sekaligus Ketua Komite Keberlanjutan J Trust Bank, Widjaja Hendra menyampaikan TORA Green Savings memberikan kemudahan bagi Nasabah yang ingin menabung sekaligus berbuat baik pada lingkungan. “Dana yang terkumpul dari bunga tabungan Nasabah selama periode program akan kami salurkan kepada CarbonEthics sebagai donasi untuk program Mangrove,” tukasnya dalam keterangan tertulis.

Widjaja Hendra menambahkan, Perseroan yakin bahwa Nasabah akan mendapatkan banyak kebaikan dari program ini, tidak hanya untuk saat ini namun untuk masa yang akan datang.

“Sama halnya dengan menabung uang, menanam mangrove merupakan tabungan kita untuk Bumi dan generasi yang akan datang,” tegasnya.

Memahami pentingnya berperan aktif pada penanganan perubahan iklim, J Trust Bank pada 2023 membentuk Komite Keberlanjutan sebagai organ perusahaan yang membantu kerja strategis manajemen dalam melaksanakan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) perusahaan.

“Ke depannya, J Trust Bank optimis dapat terus mengembangkan produk dan layanan serta menjalankan operasional yang ramah lingkungan. Hal tersebut sebagai kontribusi kami dalam rangka mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia,” tutup Widjaja Hendra

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Laba Melesat 30,8%, J Trust Bank Kembangkan Strategi Bisnis Ini


(dpu/dpu)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *