Jakarta, CNBC Indonesia – Kawasan ASEAN tidak bisa dimungkiri menjadi salah satu tujuan bagi banyak bisnis, tak terkecuali untuk bisnis perbankan. Dengan total populasi kumulatif sebanyak 671,6 juta jiwa pada 2022. Asia Tenggara menjadi penyumbang populasi terbesar ketiga di dunia setelah China dan India yang masing-masing memiliki 1,42 miliar jiwa dan 1,41 miliar jiwa penduduk.
Indonesia, sebagai salah satu negara besar di dunia, merupakan pemilik ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Total PDB negara yang punya semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini mencapai Rp 20.892, 4 triliun pada 2023, tumbuh 5,05% dalam setahunan. Jumlah penduduknya mencapai 275,7 juta jiwa, dengan populasi terbesar merupakan usia produktif yang menjadi kekuatan dan keunggulan Indonesia.
Tidak heran, banyak korporasi besar dunia mengarahkan bisnisnya ke negara yang memilih Burung Garuda sebagai lambang negaranya. Begitu pula yang dilakukan oleh KB Financial Group (KBFG) asal Korea Selatan.
Konglomerasi besar Korea ini memiliki enam entitas bisnis di Tanah Air, dengan PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) atau KB Bank menjadi fokus utama karena menggarap industri perbankan. Sebagai penyumbang aset terbesar di industri keuangan di Indonesia, perbankan memang masih memberikan prospek yang menjanjikan.
KBFG sebagai grup konglomerasi terbesar di Korea pun siap memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan KB Bank di Tanah Air. Dukungan tersebut, salah satunya terwujud dengan adopsi teknologi Next Generation Banking System (NGBS) dari KBFG menjadi bentuk kolaborasi grup untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.
Sementara itu, dari sisi produk dan layanan yang menjadi andalan KB Bank di Indonesia, salah satunya diberikan untuk segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Mengingat UMKM menjadi tulang punggung perekonomian nasional, untuk itu KB Bank menyiapkan dukungan berupa Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja, kredit Usaha Rakyat (KUR), Vendor Financing, Distributor Financing hingga Bank Garansi dan Trade Finance.
Masih di segmen UMKM, KB Bank juga menyediakan produk SME Mortgage, Swapasar, dan Swamitra. Lalu ada juga Mini ATM KB Bank dan KB Payment Point.
Di segmen bisnis komersial, KB Bank memiliki beberapa produk seperti Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja, Bank garansi dan Trade Finance.
Sedangkan bentuk layanan untuk segmen bisnis yang ditawarkan berupa layanan virtual account, autodebet, referensi bank, stop payment order, wali amanat dan jasa kustodi. Tidak berhenti di situ, KB Bank juga menyediakan layanan jasa sindikasi, KBstarbiz dan KB Payment Point.
Sementara untuk nasabah individu, KB Bank juga menyiapkan berbagai produk dan layanan seperti Kartu Kredit, Kartu Debit. Tidak ketinggalan produk Tabungan, Giro dan Deposito baik dalam denominasi Rupiah maupun valuta asing.
Selain itu ada juga beragam produk pinjaman seperti Kredit Serba Guna, Kredit PNS Aktif, Kredit Pra Pensiun, Kredit Pensiunan, Kredit Pemilikan Mobil, dan Kredit Pemilikan Rumah atau Apartemen.
Tidak ketinggalan ada layanan KB Bank Prioritas dan Wealth Management. Di dalam layanan Wealth Management, para nasabah bisa mendapatkan produk reksa dana, surat berharga negara ritel, Smart Maxi Assurance dan Smart Life Protection.
Last but not least, KB Bank juga punya layanan digital banking KBstar, yang dihadirkan untuk memudahkan setiap nasabah melakukan transaksi perbankan dalam satu genggaman.
“Terima kasih atas kepercayaan nasabah dan semua pihak yang mendukung selama ini. Kami percaya dukungan Anda telah menjadi kekuatan bagi kami untuk terus memberikan solusi atas kebutuhan perbankan bagi masyarakat Indonesia. Membawa semangat baru, KB Bank hadir dengan tagline ‘Kita Bisa karena Bersama’, sebagai cerminan untuk komitmen Perseroan untuk bersama-sama terus berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia,” tukas Presiden Direktur KB Bank, Tom (Woo Yeul) Lee belum lama ini.
Artikel Selanjutnya
Bintang Castaway Diva Bikin Nasabah Nyaman Pakai Layanan Grup KB Bank
(rah/rah)