Jakarta, CNBC Indonesia РMenteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan alasan pertumbuhan Ekonomi Indonesia masih lebih baik dari negara maju. Di tengah kondisi geopolitik yang tegang, banyak negara maju yang ekonominya stagnan.

Hal ini diungkapkan Airlangga dalam ‘Seminar Ekonomi – Perspektif Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045’, di Kolese Kanisius, Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2024).

Airlangga bercerita saat pertemuan Pertemuan Tingkat Menteri OECD beberapa waktu lalu, Indonesia merupakan negara besar dan negara gagah.

Melihat dari banyaknya negara anggota OECD yang memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dibanding Indonesia, meski mereka memiliki pendapatan per kapita di atas US$ 30 ribu per tahun.

“DI OECD itu yang dianggap negara maju dengan perkapita di atas US$ 30 ribu per tahun, banyak negara kecilnya. Negara penduduk 5 juta, 10 juta jadi walaupun mereka US$ 30 ribu per tahun, mentok-mentok gak besar-besar amat jadi Indonesia tampil gagah karena pertumbuhan kita tertinggi di OECD dengan inflasi terendah,” kata Airlangga dalam sambutannya.

Menurut Airlangga, alasannya karena trade ekspor RI masih terus positif, dengan nilai impor yang lebih rendah dari ekspor. Indonesia juga memiliki cadangan devisa mencapai US$ 146 miliar.

“Impor kita lebih rendah dari ekspor itu natural hedging, kita punya cadangan devisa US$ 146 miliar. jadi kita relatif aman,” kata Airlangga.

Adapun terkait dengan pelemahan mata uang Rupiah terhadap Dollar Amerika, menurut Airlangga itu dirasakan hampir semua negara. Sehingga Bank Indonesia meresponsnya dengan menaikkan BI rate sebesar 25 basis poin.

Menurut Airlangga pertumbuhan ekonomi 5% di Indonesia juga merupakan menjadi yang terbaik di ASEAN maupun negara G20. Namun untuk terus menjaga pertumbuhan menurutnya caranya dengan menjaga investasi yang masuk ke dalam negeri.

“Gimana caranya agar investasi kita lebih produktif. itu yang harus kita juga mendorong ekonomi kita transformatif untuk itu kita menjalin kerja sama global ini prnya pak pahala bahwa indo sudah berhasil menjadi tuan rumah G20, dan kita sangat dihormati dunia karena kita memiliki soft power dalam g20,” kata Airlangga.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bos BI Titip 3 Pesan Penting Hadapi Kondisi Ekonomi di 2024


(fab/fab)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *