Jakarta, CNBC Indonesia – Membangun pendapatan pasif atau passive income tidak dapat dilakukan dengan sekejap mata. Butuh banyak waktu dan pengetahuan agar orang dapat hidup dengan mudah hanya berdasarkan passive income.

Hal ini berhasil dilakukan oleh Graham Cochrane. Pebisnis asal Amerika Serikat (AS) ini diketahui memiliki pendapatan pasif sebesar US$160.000 per bulan atau Rp2,4 miliar.

Graham adalah pendiri kursus online yang mengajari orang bagaimana menghasilkan uang dari minat mereka. Ia mendapatkan pundinya dari kursus online dan penjualan program pembinaan serta komisi afiliasi. Ada sekitar 2.800 orang menggunakan produknya.

Graham sendiri membangun passive income berdasarkan gaya hidup dan rutinitas sehari hari. Lalu bagaimana kehidupan seseorang dengan passive income Rp2,4 miliar sebulan, berikut paparannya.

Memulai Pagi Hari dengan Slow dan Mudah

Sebelum anak-anaknya bangun, Graham biasanya sudah membuka mata sejak pukul 5 pagi. Ia menyebut selalu ingin memiliki satu jam untuk diri sendiri setelah bangun tidur.

Graham biasanya memulai paginya dengan segelas kopi dan membaca kitab suci. Setelah membaca, berdoa dan membuat jurnal, Graham akan membuat sarapan bersama istrinya dan membangunkan anak-anak.

Mereka akan menghabiskan 20 sampai 30 menit makan bersama di dapur sebelum kemudian Graham mengantarkan anak-anaknya ke sekolah pada pukul 7:30 pagi. Kemudian Graham kembali ke kantor di rumahnya sendiri, atau melakukan sesi olahraga cepat jika sedang ingin.

Bekerja Senin hingga Rabu Saja

Pada hari Senin, Graham merencanakan dan membuat video YouTube dan episode podcast. Calon penonton biasanya menemukan Graham melalui media gratis tersebut. Kemudian, jika mereka menyukainya, mereka dapat mendaftar ke buletin dan mendapatkan email tentang konten gratis dan kursus online premium.

Graham mendapat penghasilan pasif dari kursus-kursus ini. Dia telah merancang sistem bisnisnya untuk mengirim email secara otomatis, sehingga sebagian besar pekerjaannya hanya untuk mempertahankan arus konten baru yang stabil.

“Merekam video dan podcast membutuhkan waktu sekitar dua jam. Saya juga memiliki seseorang yang mengedit dan mengunggah konten, Jam tersisa saya di hari Senin didedikasikan untuk menjawab email atau memberikan saran kepada anggota Six-Figure Community,” katanya, seperti dikutip CNBC International.

Pada hari Rabu, Dia menghabiskan waktu untuk interaksi komunitas, kemudian mengadakan panggilan langsung selama 90 menit dengan siswa pelatihan bisnis lanjutan.

Sebulan sekali, Graham memfilmkan pelatihan eksklusif untuk anggota komunitas berbayar. Selain itu, Graham juga tidak pernah menjadi penggemar budaya keramaian.

“Saya tidak percaya itu sehat atau bijaksana. Jika Anda dapat menemukan cara untuk membangun sistem ke dalam bisnis Anda sehingga sebagian besar dapat berjalan sendiri, Anda tidak perlu membuang waktu untuk terus melakukan pemeliharaan,” kata Graham.

“Lagi pula, apa gunanya menjadi bos bagi diri sendiri jika Anda bekerja sepanjang waktu?” tambahnya.

Keluarga Jadi Nomor Satu

Paling penting bagi Graham adalah menghabiskan waktu bersama keluarga. Jumat dianggap sebagai waktu kencan dengan istri. Mereka berolahraga, pergi makan siang, mengejar kehidupan, berbicara tentang anak-anak, hingga bertemu dengan konselor pernikahan.

Mereka menyebut telah berfokus pada bagaimana berkomunikasi dengan lebih baik ketika mereka memiliki perbedaan pendapat. Tidak ada pernikahan yang sempurna, dan upaya yang telah dilakukan dalam hubungan mereka.

Kedermawanan dan Filantropi

Graham dan keluarganya menghadiri gereja setiap hari Minggu dan sering melakukan pekerjaan sukarela dengan organisasi lokal yang membantu penduduk yang tidak memiliki rumah di kota.

“Saya menghasilkan uang ini sehingga saya dapat memberikan sebagian besar keuntungan saya untuk amal dan gereja lokal saya, kelompok yang melakukan banyak kebaikan di dunia,” kata Graham, membeberkan filosofi miliknya.

Saat ini, Graham dan istrinya menyumbangkan 30% dari penghasilan, tetapi mereka berharap pada akhirnya dapat memberikan 50%.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


InvestasiKu Gelar Market Outlook untuk Pengurus Dapen Kristen RI


(fsd/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *