Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali merana pada perdagangan sesi I Jumat (19/4/2024), setelah kemarin berhasil ditutup menguat.

IHSG dibuka melemah 0,54% ke posisi 7.127,76. Selang 16 menit setelah sesi I dibuka, koreksi IHSG makin parah yakni ambles 1,01% menjadi 7.094,15. Bahkan, IHSG pun terkoreksi ke level psikologis 7.000.

Nilai transaksi indeks pada awal sesi I hari ini sudah mencapai Rp 1,7 triliun dengan melibatkan 3,3 miliar lembar saham yang ditransaksikan sebanyak 183.220 kali.

IHSG kembali terdampak dari rupiah yang kembali terkoreksi pada pagi hari ini. Dilansir dariRefinitiv pukul 09:16 WIB, rupiah melemah 0,62% di angka Rp16.270/US$.

Rupiah dan IHSG kembali merana di tengah memburuknya kembali sentimen pasar global, setelah Israel merespons serangan balasan Iran pada Sabtu lalu.

Israel dilaporkan baru saja menyerang Iran. Dilansir ABC News, Jumat (19/4/2024), misil Israel telah menghajar satu lokasi di Iran.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai serangan Israel ke Iran ini. Dilansir CNN, tanpa menyebut serangan Israel ke Iran sejauh ini, ada sejumlah penerbangan di Iran yang dibatalkan.

CNN melaporkan setidaknya delapan penerbangan telah dialihkan dari ruang udara Iran. Situs web pemantau penerbangan Flight Radar 24 memperlihatkan banyak penerbangan dialihkan dari Iran pada hari ini, waktu setempat.

Adapun serangan balasan Iran ke Israel pada Sabtu lalu dimaksudkan sebagai balas dendam atas serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, 1 April lalu. Serangan di Damaskus itu telah menewaskan dua jenderal Iran.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Masih Menanjak, IHSG Bisa Tutup Tahun 2023 di 7.300-an?


(chd/chd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *